6 Sikap yang Harus Dihindari Jika Ingin Menjadi Entrepreneur

Memulai sebuah usaha sendiri tentu adalah sebuah kebanggaan. Untuk melakukannya, kita membutuhkan mental yang kuat dan membutuhkan banyak persiapan. Berbeda dengan bekerja yang hanya menuntut kita menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan saja youthsister, tetapi membuka usaha menuntut kita untuk mengerjakan berbagai macam hal.

 

Untuk youthsister yang ingin menjadi seorang entrepreneur ada beberapa sikap yang sebaiknya kamu hindari, lho youthsister. Apa saja yang kira-kira? Ada yang tau?? yukk simak bareng-bareng

 

1. Takut rugi

Kita pasti seringkali mendengar cerita para pebisnis yang rugi besar karena bisnisnya tidak berhasil. Cerita-cerita ini seringkali membuat niat berwirausaha justru menciut sehingga menjadi sering menunda-nunda memulai bisnis.

 

Menunggu momen yang tepat agar tidak rugi memang penting, tetapi jika tidak memulai kapan bisa berhasil? Sifat takut rugi inilah yang seringkali menjadi ketakutan terbesar bagi mereka yang ingin mulai berusaha. Untuk menghilangkan rasa takut ini, youthsister bisa mulai dari usaha berskala kecil terlebih dahulu sehingga jika gagal tidak akan terlalu besar juga.

 

2. Ingin cepat untung

Setiap usaha pastinya tidak ada yang instan, selalu ada proses di setiap keberhasilan dan tidak jarang banyak tantangan yang menghampiri. Oleh karena itu, youthsister harus hilangkan pikiran untuk cepat-cepat untung agar tidak cepat merasa bosan dengan bisnin yang sedang kamu jalani juga youthsister.

 

Sifat ingin cepat untung ini akan membuat youthsister merasa lebih tertekan sehingga tidak menjalankan bisnis dengan enjoy dan tenang. Alhasil, banyak keputusan yang diambil terburu-buru yang justru akan merugikan bisnismu di masa depan, lhoo.

 

3. Tidak punya rencana

Dalam berbisnis, memiliki usaha yang matang adalah wajib hukumnya karena rencana tersebut akan membantu bisnis berkembang dengan lebih baik. Rencana yang baik juga akan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap bisnismu sehingga youthsister akan dibanjiri oleh banyak investor.

 

Rencana yang matang dari segala aspek bisnis seperti keuangan, investasi, pengembangan produk, hingga sumber daya manusia sangatlah penting agar kerugian bisa diminimalisir dan mempercepat perputaran uang.

 

4. Belum paham soal keuangan

Bisnis sangat erat kaitannya dengan arus kas, karena hal inilah yang menentukan keberlangsungan usaha milikmu. Oleh karena itu pengetahuan tentang arus kas sangat dibutuhkan, semakin banyak tahu semakin baik karena hal ini menjadi modal yang baik untuk membuat keputusan dan rencana bisnis yang baik juga lho youthsister.

 

5. Tidak tertarik melakukan riset pelanggan

Bagaimana caranya kamu yakin bahwa usahamu sesuai dengan pelanggan? Untuk bisa mengetahui keinginan pelanggan, kita perlu melakukan riset pasar. Hal ini akan membantu kita membuat pelayanan jasa ataupun produk yang sesuai dengan target pasar kita, sehingga bisnis kita pun bisa berjalan lancar dan perputaran uang menjadi lebih cepat juga.

 

6. Negative thinking

Sering merasa tidak memiliki peluang, merasa tidak memiliki tim yang bagus, tidak memiliki modal, dan sebagainya. Pikiran-pikiran negatif inilah yang bisa menjadi penghalang untuk mengembangkan bisnis. Mengisi pikiran dengan hal hal positif bisa membuat kita merasa lebih bergairah dan bahagia menjalani bisnis.

 

Meski tampak sepele, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnismu juga youthsister. Pikiran yang positif juga akan mendatangkan ucapan dan perilaku yang positif juga sehingga semakin banyak orang yang percaya denganmu.

 

Nah, jadi itu dia 6 hal yang harus youthsister hindari ketika ingin menjadi seorang entrepreneur. Dengan mengetahui hal-hal tersebut tentunya diharapkan para entrepreneur masa depan dapat lebih mempersiapkan diri dalam membangun bisnis kamu. Dari sikap-sikap di atas, manakah yang menurut youthsister masih perlu diperbaiki dari dirimu? Sharing yukk di komentar