9 Tips Memasak Enak dan Cepat

Halo youthsister lagi belajar memasak? Namanya belajar tentu ada saja kesulitannya ya kan youthsister? Mungkin youthsister akan kesulitan mendapatkan rasa yang pas, bahkan mungkin masakan youthsister gosong atau keasinan.

 

Tapi jangan kapok ya youthsister, jika telah memahami caranya, memasak adalah pekerjaan yang mudah loh youthsister!

Berikut ini 9 tips belajar memasak bagi pemula, simak yuk youthsister!

 

1. Jangan takut memulai

Jangan pernah malas untuk  memulai. Cobalah resep yang ingin youthsister masak. Baca perlahan, kemudian praktekkan. Kalau hasilnya  gosong, keasinan, kemanisan, atau bantet, jangan langsung menyerah. Teruslah mencoba sampai mendapatkan takaran dan rasa yang pas.

 

 2. Lakukan pengamatan

Lakukan pengamatan kalau ibumu atau kerabat youthsister sedang memasak di dapur. Perhatikan bagaimana ia meracik bumbu, dan semua proses sampai memasak selesai. Jangan malu bertanya jika ada hal yang youthsister ingin tahu. Kemudian, praktekkan sendiri dan lihat hasilnya.

 

3. Lihat acara memasak

Apakah youthsister suka menonton acara memasak di televisi ? Kalau ya, jangan cuma sekedar menonton. Cobalah untuk mempraktekkan apa yang telah dilakukan oleh chef di televisi, tentu dengan bahan-bahan dan cara memasaknya. Saat acara selesai, tak ada salahnya langsung praktek di rumah nihh youthsister.

 

4. Mulailah dengan resep sederhana

Sebagai langkah awal belajar memasak, buatlah masakan yang sederhana dan mudah. Banyak makanan yang mudah dibuat. Membuat telur rebus pun merupakan langkah awal yang bisa youthsister pilih. Sebab, dengan merebus telur youthsister bisa memprediksi berapa waktu yang harus digunakan untuk membuat telur rebus dengan tekstur yang sempurna.

 

Meski sepele, namun hal tersebut merupakan ilmu yang tidak bisa dikesampingkan untuk seorang yang sedang belajar memasak.

 

5. Siapkan seluruh bahan dan peralatan

Jika youthsister telah memilih jenis masakan apa yang akan youthsister buat, siapkan seluruh bahan, dan peralatan memasak dengan baik. Misalnya, apakah bahan-bahan tersebut dipotong, dicincang, direbus atau digoreng terlebih dulu.

 

Nah, dalam proses potong, cincang dan lain-lain youthsister tentu perlu alat. Hal tersebut juga harus youthsister pikirkan.

 

Saat melakukan pemotongan, lakukanlah dengan hati-hati, jangan sampai mengenai jari. Dan usahakan seluruh peralatan memasak dalam jangkauan, sehingga youthsister tidak perlu repot-repot untuk mencarinya jika perlu.

 

6. Baca resep dengan teliti

Ketika bahan-bahan dan seluruh peralatan yang diperlukan sudah siap, tahap selanjutnya adalah memilih resep masakan yang ingin youthsister masak. Baca resep tersebut dengan seksama, ketahuilah jumlah bahan yang diperlukan, berapa suhu microwave yang diperlukan, dan hal lain yang diperlukan.

 

7. Hati-hati dengan garam

Apabila youthsister ingin membuat masakan yang gurih, hati-hati dengan takaran garam yang youthsister gunakan. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi cita rasa masakan youthsister. Kebanyakan jumlah garam akan merusak masakan. Sebaliknya kurang garam pun akan membuat masakan hambar. Jadi pastikan takaran garam pas.

 

8. Selalu Mencicipi masakan

Ketika youthsister sedang membuat masakan, atau sedang mencampurkan bahan-bahan, lebih baik cicipi dulu masakan  tersebut. Jangan sampai ketika masakan sudah jadi, youthsister merasa  masakan masih kurang ini atau kurang itu. Hal ini juga yang sering dilupakan oleh pemula. Dapatkan rasa yang pas dengan memasukan takaran bumbu yang pas pula.

 

9. Gunakan bahan yang segar

Jangan abaikan kualitas bahan masakan youthsister. Pilihlah bahan baku yang masih segar. Hal tersebut sangat penting, karena akan memudahkan kamu dalam proses memasak. 

 

Bahan baku yang segar merupakan bahan baku yang berkualitas dan akan memberikan pengaruh positif  terhadap hasil masakan.

 

Jangan lupa perhatikan kebersihan ya ladies, baik bahan-bahan maupun proses memasak. Karena memasak itu bukan cuma menghasilkan makanan enak tapi juga harus menghasilkan makanan yang sehat.

 

Nah, sudahkah youthsister berpikir mau masak apa hari ini? Yuk siapkan bahan-bahannya!  Ingat loh youthsister harus konsisten, rutin belajar dan jangan mudah bosan. Siapa tahu kelak youthsister akan menjadi chef yang hebat. 

 

So enjoy your cooking activities youthsister!