Cara Menanggulangi Stres!

Semua orang dewasa, remaja, dan bahkan anak-anak bisa mengalami stres. Stres adalah reaksi terhadap situasi dimana seseorang merasa terancam atau cemas. Mempelajari cara menanggulangi stres yang sehat dapat membantu mengurangi perasaan dan gejala stres yang youthsister alami, lho!

 

Setelah mengalami peristiwa yang traumatis, seseorang mungkin memiliki reaksi yang kuat dan bertahan lama. Peristiwa ini dapat mencakup bencana pribadi atau lingkungan, atau ancaman dengan serangan. Gejala-gejala stres mungkin bisa dirasakan secara fisik atau emosional, seperti frustasi, sakit kepala, dan masih banyak lagi lho youthsister.

 

Berikut adalah beberapa cara menanggulangi stres yang bisa youthsister coba:

 

Pertama Menghindari kafein, alkohol, dan nikotin ternyata bisa menjadi cara menanggulangi stres!


Hindari, atau minimal, kurangilah konsumsi nikotin dan minuman apapun yang mengandung kafein dan alkohol. Kafein dan nikotin adalah stimulan yang kemudian akan dapat meningkatkan tingkat stres kamu alih-alih menguranginya.

 

Sedangkan alkohol bisa menjadi depresan ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak, tetapi bertindak sebagai stimulan dalam jumlah yang lebih sedikit. Oleh karena itu, menggunakan alkohol sebagai cara menanggulangi stres pada akhirnya tidak membantu lho youthsister.

 

Sebaiknya, ganti minuman berkafein dan beralkohol dengan air tawar, teh herbal, atau jus buah yang bertujuan untuk menjaga dirimu tetap terhidrasi. Karena hal ini dapat memungkinkan tubuh youthsister untuk menanggulangi stres dengan lebih baik.

 

Youthsister juga harus berusaha untuk menghindari atau mengurangi asupan gula olahan biasa terkandung dalam banyak makanan pabrikan yang dapat membuat kamu menjadi mudah lelah dan mudah tersinggung. Secara umum, cobalah untuk makan makanan yang sehat, seimbang, dan bergizi.

 

Kedua, berolahragalah secara teratur

Situasi stres dapat meningkatkan jumlah hormon stres seperti adrenalin dan kortisol dalam tubuhmu. Di dalam otak, terdapat sebuah hormon fight or flight (lawan atau lari) yang dirancang untuk melindungi kita dari bahaya fisik apabila kita berada di bawah ancaman.

 

Namun, stres di zaman modern tidak pernah diatasi dengan respons melawan atau lari. Oleh karena itu, olahraga dapat digunakan sebagai pengganti untuk mengurangi hormon stres yang berlebihan dan mengembalikan tubuhmu dan pikiranmu ke kondisi yang lebih tenang dan lebih santai lhoo youthsister.

 

Ketika youthsister merasa stres dan tegang, berjalan-jalanlah di lingkungan dengan udara yang segar. Coba sertakan beberapa aktivitas fisik ke dalam rutinitas harianmu setiap hari, baik sebelum atau setelah bekerja, atau bisa juga saat makan siang.

 

Selain itu, aktivitas fisik yang teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu menjadi lebih baik, lho!

 

Ketiga, dapatkan tidur yang cukup

Kurang tidur juga bisa menjadi alasan utama dari stres yang kamu alami. Sayangnya, stres juga menganggu tidur kita karena pikiran terus berputar-putar di atas kepala, yang pada akhirnya menghalangi kita menjadi cukup rileks untuk tidur.

 

Alih-alih menggantungkan diri pada obat-obatan, yang harusnya kamu maksimalkan adalah relaksasimu sebelum tidur. Pastikan bahwa kamar tidurmu bisa menjadi tempat yang tenang, yang dapat membuatmu lupa akan hal-hal yang membuat youthsister stres.

 

Juga hindarilah kafein dan alkohol di malam hari jika kamu merasa bahwa kedua hal ini menyebabkan gangguan pada tidur. Berhentilah melakukan pekerjaan berat beberapa jam sebelum tidur, sehingga youthsister dapat memberi waktu pada otakmu untuk lebih tenang.

 

Cobalah mandi air hangat atau membaca buku yang santai dan ringan selama beberapa menit untuk membuat tubuh menjadi rileks dan mata menjadi lelah, yang akan membuatmu melupakan hal-hal yang membuatmu khawatir.

 

Terakhir, ada Musik Lelap yang akan membuatmu tidur nyenyak dengan nada-nada lembutnya.

Selain itu, youthsister juga harus berusaha untuk tidur di waktu yang hampir sama dari hari ke hari, agar pikiran dan tubuhmu terbiasa dengan rutinitas waktu tidur yang dapat diprediksi.

 

Keempat, bicarakan tentang perasaanmu dengan orang lain

Berbicara dengan orang lain tentang perasaanmu mungkin bisa membantu. Berbicara dengan orang lain dapat mengalihkan perhatianmu dari pikiran yang membuatmu stres atau melepaskan sejumlah ketegangan yang kamu rasakan dengan mendiskusikannya.


Stres dapat mengaburkan pandanganmu dan mencegah kamu untuk melihat segala sesuatu dengan jelas. Membicarakan hal ini dengan teman, rekan kerja, atau mungkin psikolog, dapat memfasilitasi kamu dalam menemukan solusi untuk stresmu.


Selain beberapa cara menanggulangi stres yang sudah dijabarkan di atas, teruslah mencari cara-cara lainnya untuk menanggulangi stres yang youthsister alami. Selain itu, kunci dari semuanya adalah segera bertindak. Kamu akan kagum pada seberapa cepat kamu mulai merasa lebih baik setelah kamu menerapkan cara-cara menanggulangi stres di atas ya youthsister.