Tips Milenial Raih Kesehatan Jiwa agar Hidup Tak Ambyar

Kesehatan tentu menjadi indikator yang penting dan tentunya perlu diperhatikan dalam diri tiap individu. Tak hanya kesehatan fisik yang meliputi anggota tubuh, namun kesehatan jiwa pun perlu menjadi perhatian saat ini agar hidupmu tak ambyar, baik usia tua maupun muda nih youthsister.

 

Terdapat berbagai cara yang mudah dilakukan untuk menncapai kesehatan mental, salah satunya dengan merawat diri sendiri (self care). Dengan merawat diri sendiri tentunya setiap orang dapat menjadi lebih mencintai dirinya sendiri.

 

Hal itu juga dijelaskan oleh pakar kesehatan jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) dr. AAAA Kusumawardhani, SpKJ(K), MPH. Menurutnya, banyak cara yang dapat dilakukan, seperti berhenti mengkritik diri sendiri, memberi maaf pada diri sendiri, tidak menakut-nakuti, dan menjadi baik terhadap diri sendiri. Tak hanya itu, diperlukan juga dukungan dari diri sendiri yang sebenarnya tak kalah penting dibutuhkan oleh seseorang ketimbang dukungan dari luar.

 

"Karena seorang yang dikatakan sehat itu ketika keadaannya sejahtera secara lengkap, baik fisik, mental, dan sosial. Bukan semata-mata absennya penyakit atau kelemahan tubuh tertentu," kata dr. Kusumawardhani.

 

Penting bagi seseorang untuk mencintai dirinya sendiri dalam kondisi sekarang, sebelum dia menjadi sempurna di masa mendatang. Hal itu agar bisa menerima dirinya sendiri dalam keadaan apapun youthsister. Bahkan, menjaga kesehatan pun dan menjadi bahagia adalah salah satu cara yang ampuh untuk merawat diri sendiri. Berbuat baik kepada orang lain mungkin terlihat sulit, tapi nyatanya berbuat baik kepada diri sendiri jauh lebih sulit dan tak jarang dilupakan.

 

"Jangan lupa, kita perlu tertawa, fun saja, jangan dibuat terlalu serius," ujarnya.

 

Merawat diri dengan baik, lanjutnya, merupakan salah satu tujuan dalam mencapai kesehatan yang optimal. Sehat dan bahagia, mampu menghadapi tantangan hidup, berempati, dan berpikir positif terhadap diri sendiri dan orang lain adalah hal yang penting dan perlu diterapkan serta dijaga dalam menjalankan kehidupan.

 

"Setiap manusia terlahir sebagai pemenang, tetapi semua wajib untuk merencanakan dan berupaya untuk mewujudkannya," tutur dr. Kusumawardhani.