Aplikasikan Trik Dapur Ini, Sesi Memasak Tidak akan Sama Lagi

Urusan dapur memang gampang-gampang susah. Kalau youthsister suka masak, dapur bisa jadi tempat pelarianmu untuk melepas stres. Sementara kalau youthsister memang anti sama yang namanya masak, justru masuk dapur bisa bikin youthsister tambah stres! Ya kan ?

 

Tapi kita semua butuh makan, sehingga pengetahuan minimal tentang dapur itu adalah kewajiban. Nah, supaya youthsister tak usah gentar, kali ini Tim youthscarf akan membagikan rumus-rumus rahasia yang bakal bikin urusan dapurmu jadi lebih mudah dan praktis. Simak, yuk apa saja youthsister!

 

1. youthsister Bisa Lho Membuat Pisang Mentah Jadi Matang Hanya Dalam 24 Jam

Simpan pisang mentahmu di dalam tas kertas atau plastik tertutup, bersama dengan buah apel, tomat, atau pir utuh yang belum dipotong atau dikupas. Apel, tomat, dan pir akan mengeluarkan gas ethylene yang akan membuat pisangmu matang lebih cepat. Cek deh kalau udah sehari semalam. Pasti hasilnya kayak sihir… sim salabim, pisang mentah jadi matang. Atau kalau semaleman masih kurang cepat, masukin aja ke oven! Pisangmu bisa langsung matang.

 

2. Kalau youthsister Mau Pisangmu Tahan Lama, Ini Caranya

Pisahkan buah-buah pisangmu dari tyouthsisternnya, lalu bungkus ujung buahnya dengan plastik atau alumunium foil. Ujung pisang itu yang ngeluarin gas ethylene, makanya harus “dibekap”. Kalau mau menambah umurnya lagi, youthsister bisa masukin pisangmu ke dalam kulkas.

 

3. Kalau Mau Tomat Tahan Lama, Jangan Masukin Kulkas! Simpan Tomat Di Suhu Ruangan Dalam Keadaan Terbalik

Dengan membalik tomat, youthsister mencegah masuknya udara dari luka bekas petikan di dekat batang, sekaligus menghambat keluarnya kelembaban dalam buah yang bisa membuat tomatmu kempes.

 

4. Sayuran Untuk Lalapan Kayak Selada Itu Juga Ternyata Bisa Tahan Lebih Dari Seminggu Lho, Kalau youthsister Menyimpannya Seperti Ini

Letakkan paper towel atau tisu makan yang kasar-kasar itu di tempat penyimpanan sayuran hijaumu. Tisu itu bisa menyerap kelembaban yang bikin sayuran layu. Jadi, sayuran seperti selada masih bisa tetap crispy walaupun berumur lebih dari seminggu. Tapi jangan jadi malah tambah malas makan sayuran ya, mentang-mentang sekarang udah tahu caranya menyimpan sayuran biar tahan lama!

 

5. Nah, Kalau Trik Ngupas Mangga, Udah Tahu Belum?

Gak perlu deh youthsister menguliti mangga kayak youthsister mengupas apel. Mulai sekarang, iris saja bagian-bagian samping mangga di luaran bijinya. Nah terus bagian dagingnya youthsister sisir pelan-pelan pakai pisau menjadi bentuk kotak-kotak gitu.

 

Ada beberapa orang yang membalikkan kulit mangga, terus dimakan begitu aja. Tapi kalau gak mau kotor, pakai saja sendok untuk menyendok daging mangga sampai bersih. Taruh piring, dan nikmati!

 

Atau Kalau Mau Lebih Seru, Coba Kupas Mangga Pakai Gelas

 

Moncong gelas yang oval itu pas banget untuk ‘menyendok’ daging buah mangga keluar dari kulitnya dengan bersih. Mungkin pada percobaan pertama, youthsister masih belum tahu angle yang tepat, halah ngeles, Tapi kalau sudah cukup latihan, mengupas mangga itu bakal semudah menciduk air.

 

6. Udah Gak Jaman Lagi Kali Ngupas Bawang Putih Satu-Satu Pakai Pisau!

Ini nih urusan dapur yang sering buat orang males masak: ngupas bawang putih! Apalagi kalau butuh banyak, males banget gak sih ngupas siung per siung pakai pisau?

Nah mulai sekarang youthsister bisa deh tinggalkan cara kuno itu. Ambil aja piring dan tupperware. Gencet bawang-bawangmu dengan piring sampai kulitnya sedikit terkelupas. Terus masukkan ke dalam tupperware dan tinggal goyang-goyang aja. Voila, bawangmu sudah kepisah dari kulitnya.

 

7. Mengupas Jahe Juga Gak Usah Pakai Pisang

Bentuk jahe yang gak beraturan suka buat kita malas untuk mengupasnya. Kalau pakai pisau, bisa-bisa jarimu malah kepotong saking berkelok-keloknya badan jahe. Pakai peeler juga susah karena ukurannya yang kecil. Nah pakai apa dong? Pakai sendok!

 

Kulit jahe itu gak sekeras yang youthsister kira. Sisiran sendok aja udah cukup bikin kulitnya lepas. Apalagi lekukan sendok lebih sesuai dengan kelokan badan jahe daripada pisau.

 

Gimana nih ide-ide lucu yang bisa youthsister praktikan di dapur ini? Semua rumusnya gampang dan praktis, ‘kan? Dan yang pasti, semua bisa membuat aktivitasmu di dapur jadi tambah seru. Selamat mencoba youthsister!