Cara Meningkatkan Kualitas Diri dan Hubungan dengan Orang Lain

Meningkatkan kualitas diri pribadi sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan orang atau pihak lain, itulah salah satu tujuan dan manfaat pengembangan diri.

 

Dengan kualitas diri yang meningkat maka orang tersebut akan dapat memberikan peran dan pelayanan yang lebih baik dan lebih luas guna menciptakan hubungan yang harmonis antar orang youthsister, antara orang dengan organisasi serta antara sebuah organisasi dengan organisasi lain.

 

Tujuan dan  manfaat tersebut hanya salah satu dari sekian banyak tujuan dan manfaat yang bisa diperoleh dari upaya pengembangan diri. Berikut beberapa tujuan dan manfaat lainnya:

 

Membangun Kesadaran Diri

 

Kesadaran diri adalah langkah yang paling dasar dalam proses pengembangan diri. Dengan kesadaran diri youthsister akan lebih mengenal diri sendiri dan akan terus berusaha untuk belajar dan mengkaji tujuan hidup yang ingin dicapai.

 

Kesadaran diri akan membuat youthsister memperoleh kebahagiaan yang sejati, karena dengan kesadaran diri youthsister dapat membangun kehidupan sesuai dengan bakat dan potensi yang youthsister miliki serta berpijak dari diri pribadi yang sebenarnya.

 

Memiliki Arah Hidup yang Jelas

 

Setelah kesadaran diri dimiliki, youthsister akan dapat melihat lebih jelas gambaran dari arah kehidupan dan apa yang ingin youthsister capai dalam hidup.

 

Dengan mengetahui apa yang menjadi tujuan dalam hidup, youthsister tidak akan pernah menyia-nyiakan waktu karena hampir semua waktu yang youthsister miliki akan tercurah untuk dapat mewujudkan apa yang menjadi tujuan hidup.

 

Selain itu, youthsister juga akan dapat lebih mudah dalam mengambil keputusan, karena kesulitan dalam mengambil keputusan lebih banyak disebabkan karena ketidaktahuan seseorang akan tujuan dari hidup mereka.

 

Lebih Fokus dan Terarah

 

Dengan memiliki arah hidup yang jelas, seseorang akan tahu apa yang menjadi tujuannya, karena tahu apa yang harus dituju maka dia akan lebih fokus dalam berpikir dan lebih terarah dalam melangkah, karena memiliki peta tujuan youthsister.

 

Namun begitu, dalam perjalanan hidup terkadang terdapat beberapa hal yang mencuri perhatian dan berusaha mengalihkan mata hati youthsister dari peta sukses.

 

Itu sebabnya pengembangan diri tidak boleh hanya berhenti sekali, tapi harus dilakukan berulangkali guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian youthsister dari peta sukses yang menjadi pedoman untuk mencapai tujuan.

 

Menjadi Sumber Motivasi

 

Tujuan serta manfaat pengembangan diri yang lainnya adalah mengasah pikiran untuk selalu kreatif dan inovatif dalam kondisi seperti apapun.

 

Disaat dalam keadaan terjepit dia tidak menyerah begitu saja karena dalam hatinya telah tertanam sebuah pepatah lama yaitu: dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan.

 

Sehingga kondisi yang tidak bersahabat justru akan memotivasi dirinya untuk berkreasi dan berinovasi agar dapat terlepas dari keterjepitan.

 

Meningkatkan Daya Tahan Diri

 

Pengembangan diri tidak mampu mencegah datangnya hal-hal buruk dan sesuatu yang tidak diinginkan, karena hal tersebut sudah menjadi sunatullah atau sudah menjadi hukum alam.

 

Namun, seseorang yang senantiasa mengembangkan diri tidak akan pernah menyerah dalam menghadapi keadaan sesulit apapun, karena dia memiliki daya tahan yang luar.

 

Dia memiliki keyakinan sekaligus keterampilan interpersonal untuk menerima segala pemberian dari alam.

 

Kemampuan Bersosialisasi dan Membangun Relasi

 

Relationship sebagaimana kita tahu, seperti pedang bermata dua. Disatu sisi hubungan dengan orang lain akan dapat membantu ke arah yang lebih baik, namun disisi lain dapat menyeret seseorang menuju kegagalan.

 

Pengembangan diri akan meminimalisir dampak negatif dari sebuah hubungan, karena seseorang yang senantiasa mengembangkan diri akan tahu bagaimana menempatkan diri dalam sebuah pertalian hubungan berdasarkan peta sukses yang dia buat.

 

Itu sebabnya dia memiliki kemampuan lebih dalam hal bersosialisasi sekaligus dalam membangun relasi.

 

Demikian beberapa tujuan dan manfaat pengembangan diri yang perlu youthsister ketahui. Selain beberapa yang tersebut diatas masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

 

Semoga bermanfaat !